Skip to main content

Kelas Akselerasi dan Strategi Sukses Ujian Nasional

Tanya:
Anak Ie dimasukkan ke kelas akselerasi, kelas 3-5 ditempuh dalam waktu 2 tahun ternyata ia mampu meski di grade yang paling rendah. Sekarang ia sudah kelas 6 bersiap menghadapi UN. 

Orang tua mengakui bahwa anaknya sangat kreatif, tetapi tidak menunjang sisi akademiknya. Selama ini si anak diikutkan berbagai macam les tetapi tidak berpengaruh positif. 

Apa rekomendasi STIFIn supaya anak Ie bisa sukses secara akademik?
 
Jawab:
Ada waktu setahun untuk dia sukses di UN, supaya dia bisa jadi terbaik hasil UN nya ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Belikan buku2 UN dari 5 tahun sebelumnya, minta dipelajari dan kemudian suruh dia membuat soal UN sendiri sebagai prediksi UN 2012.  Soal UN versi dia diskusikan dengan tutor ataupun gurunya untuk ditakar kemampuannya.
  2. Ulangi cara tersebut beberapa kali sampai sang tutor merasa anak tersebut kemampuannya 100%.
  3. Soal versi dia dari yang pertama hingga yang terakhir kemudian dibukukan. supaya dia serius belajar dan membuat soal sendiri, usahakan hasil karyanya dibukukan dan diterbitkan. Carilah sponsor! ini kerja keluarganya.
  4. Selama proses pembuatan soal dia sebaiknya didampingi oleh para tutor yg hebat agar menghasilkan anak yang hebat.
  5. Lakukan untuk semua mata pelajaran yang di-UN-kan. Jadikan hal ini sebagai proyek yang serius.
 
Mengapa usulan tersebut perlu dilakukan, karena orang Ie perlu dirangsang daya ciptanya, prediksinya, pola berfikirnya, dan kreatifitasnya. Dia jangan hanya belajar dengan cara yang biasa.
 
Tentu saja perlu dipertimbangkan kapasitas si anak. Ukur lingkar kepalanya. Kalau lebih dari 56 cm, proyek tersebut bisa dilakukan.  

Jika kapasitasnya kecil, cara tersebut masih bisa dilakukan, namun mungkin bukunya tidak sampai harus diterbitkan oleh penerbit besar, melainkan diterbitkan sendiri oleh keluarganya.

Comments

Top Artikel

Gaya Belajar Anak.

Anak Bunda Males Belajar? Ini Rahasianya.

Setiap kita sebenarnya mudah untuk belajar, masalahnya cara belajar yang dipake itu masih secara umum, tidak khusus kepada setiap anak yang notabene berbeda.

Akibatnya, anak ada yang berprestasi karena cara belajar itu tepat untuk dia. Nah yang tidak tepat untuk anak tertentu, jadinya tak berprestasi, lalu yang disalahkan anak. Apa iya seperti itu?

Setiap anak unik, sebagaimana setiap orang tua, sebagai suami atau istri unik juga. Karena coba aja samakan pasangan anda dengan istri atau suami tetangga, kalau gak mau tidurnya di sofa. Haha…

Dari milyaran anak manusia, cuma 5 masalah yang akan ditemukan jika di framming dengan Konsep #STIFIn. (#Sensing – #Thinking – #Intuiting – #Feeling – #Insting)

Gimana bisa tau pak, anak saya ada yang Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling atau Insting?

Sensing introvert

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Sensing yang berarti merujuk kepada panca indera Anda, yang membuat Anda konkrit dan praktis. Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga membuat Anda suka berkelana, pandai meniru, dan hebat dalam berakting.

Sistem operasi otak berada di : Belahan limbik kiri dan lapisan Putih (dalam) Kecerdasan setara : Belahan MQ (Memory Quotient) Peranan : Player (Pemain) Kelebihan : Efficiency (Output per input) Target : Connection (Hubungan) Harapan : Yielding (Panen hasil kerja) Arah Merek : Merek pada skala volumenya Tabiat terhadap uang : Hemat Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Atletis yang besar Kekuatan Jasmani : Otot merah kasar Fungsi Tubuh : Tenaga kuat

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : Persistent, Detailed, Recorder, Dicipline, Careful, Spirited, Ecyclopedic, Workaholic, Timeful, Indifferent

Empat Kata Kunci: Mengingat, otot, rajin, tergerak

Cara Belajar: Merekam vocabulary, dibahasakan bervariasi, mem…

Intuiting introvert

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Intuiting yang berarti merujuk kepada indra keenam Anda,  yang sekaligus menjadi otak kreatif Anda. Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga Anda cenderungmenjadi trendsetter di lingkungan profesi Anda.

Sistem operasi otak berada di : Belahan Otak KananLapisan Putih (dalam) Kecerdasan setara : CQ (Creativity Quotient) Peranan : Initiator (Penggagas) Kelebihan : Invention (Penemuan) Target : Significance (Perubahan nyata) Harapan : Creating (Penciptaan) Arah Merek : Merek pada kualitas kerjanya Tabiat terhadap uang : Kepuasan Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Astenis yang tebal Kekuatan Jasmani : Otot putih kasar Fungsi Tubuh : Sprinter jarak menengah

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : learner, assertive, perfectionist, crafty, hard to please, proud, optimistic, deep, tenacious, selling valuable

Empat Kata Kunci: Mengarang, perut panjang, perubahan, murni

Cara Belajar: Memahami konsep dengan ilustra…