Sunday, May 22, 2016

Komparasi IQ, Multiple Intelligence

Tanya:
Bagaimana Komparasi IQ dengan STIFIn?
 
Jawab:
STIFIn mengakui hanya 5 kecerdasan plus 9 personaliti genetik. Jika disepadankan dengan konsep kecerdasan yang lain maka 9 personaliti genetik ala STIFIn dapat dibuat kesetaraan sebagai berikut: Si dg MQ (Memory Quotients), Se dg PQ (Physical Quotients), Ti dg TQ (Technical Quotients), Te dg LQ (Logical Quotients), Ii dg CQ (Creativity Quotients), Ie dg Spa-Q (Spatial Quotients), Fi dg EQ (Emotional Quotients), Fe dg Soc-Q (Social Quotients), dan In dg AQ (Altruis Quotients). Sedangkan IQ (Intelectual Quotients) melebihkan porsi pada LQ, TQ, MQ , Spa-Q  dan kurang pada jenis quotient yang lain. Padahal menurut STIFIn ke 9 quotient tersebut memiliki kekuatan yang setara.
 
Tanya:
Apa sesungguhnya perbedaan konsep STIFIn dengan konsep Multiple Intelligence-nya Howard Gardner?
 
Jawab:
  • STIFIn mengacu kepada kecerdasan tunggal ala Jung, yang berarti meskipun kesemua belahan otak berfungsi tetapi secara mutlak dikendalikan oleh satu belahan otak yang aktif berperan sebagai pemimpin bagi keseluruhan otak.  Sedangkan pada MI setiap belahan otak dapat berfungsi secara bersamaan secara proporsional.
  • MI membagi kecerdasan menjadi 9, sedangkan pada STIFIn hanya 5.  Pada STIFIn yang 9 itu adalah personaliti genetik (selanjutnya disebut PG).
  • Jika dibandingkan antara 9 PG STIFIn dengan 9 kecerdasan MI, menurut kami timbangan signifikansi ala STIFIn lebih setara. Berikut perbandingannya:
  1. Kecerdasan Interpersonal setara dengan PG tipe Fe (Soc-Q)
  2. Kecerdasan Intrapersonal setara dengan PG tipe Fi (EQ)
  3. Kecerdasan Logika Matematika setara dengan PG tipe Te (LQ)
  4. Kecerdasan Visual Spasial setara dengan PG tipe Ie (Spa-Q)
  5. Kecerdasan Body Kinestetik setara dengan PG tipe Se (PQ)
  6. Kecerdasan Verbal Linguistik setara dengan PG tipe Si (MQ)
  • Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Naturalis, dan Kecerdasan Spiritual setara dengan PG tipe In (AQ)
  • Berarti 3 kecerdasan pada nomor 7 terlalu besar timbangannya, padahal masih ada 2 Jenis PG yang belum dapat tempat yaitu Ti (TQ) dan Ii (CQ).  Atau pendek kata, dimana MI meletakkan kecerdasan kreatif dan kecerdasan teknis? Mungkin jawabannya  melebur dalam jenis kecerdasan yang lain. Padahal menurut STIFIn mereka memiliki  eksistensi sendiri yang setara dengan jenis kecerdasan yang lain.
  • Berdasarkan pengklasifikasian sebagaimana diuraikan pada nomer 3 di atas, maka bisa disimpulkan MI cenderung mengukur di hilir, sedangkan STIFIn mampu melihat asal muasal sumber di bagian hulunya.

No comments:

Post a Comment