Sunday, May 22, 2016

Legalitas MUI dan Riset Independen

Tanya:
STIFIn menggunakan konsep universal dan bukan dari Islam? Apa sudah mendapat legalitas dari MUI?
 
Jawab:
Konsep STIFIn memang merupakan konsep universal bukan berasal dari dan diperuntukkan pada agama tertentu. Oleh karena itu, legalitas dari MUI belum diperlukan. Legalitas yang diperlukan justru berupa legalitas ilmiah. Untuk itu, dalam rangka memperkuat riset internal yang sudah kami lakukan (lebih dari 10 tahun) juga diperlukan riset independen.
 
Tanya:
Bagaimana hasil riset dari tim independen?
 
Jawab:
Pada riset pendahuluan yang dilakukan oleh tim riset independen dari Malaysia yang terdiri dari Prof. DR. Mohammed Zin Nordin (Pakar Psikometrik), DR. Mohd. Suhaimi Mohamad (Pakar Personaliti), dan DR. Wan Shahrazad Wan Sulaiman (Pakar Personaliti) menyimpulkan bahwa:
  1. Kesembilan personaliti STIFIn jika diuji dalam bentuk inventori menunjukkan reliabilitas yang BAIK dan TINGGI dengan koefisien alfa 0,849, dan
  2. Didapati korelasi yang signifikan antara Hasil Tes STIFIn dengan alat tes lain  (Simulasi Aktivitas Permainan Tundra) menggunakan uji statistik khi kuadrat. Saat ini mereka sedang melakukan penelitian lanjutan menggunakan sampel yang lebih besar.

No comments:

Post a Comment