Sunday, May 22, 2016

Tipe Sensing kok Pelupa? Cocokkah menadi Psikolog?

Tanya:
Anak Si disebut memorinya bagus, mengapa anak saya lupa menyimpan sepatu atau buku?
 
Jawab:
Meski ia terkadang lupa letak menyimpan buku atau sepatu, tidak berarti ia memorinya jelek. Tipe Si memiliki kecenderungan over aktif sehingga tidak bisa diam dan fokus dalam waktu yang lama. Memorinya sangat bagus berkaitan dengan perbendaharaan kata namun sedikit berkurang dalam mengingat peristiwa. Ia ibarat kamus yang lengkap namun ada kalanya ia ‘blank’. Secara keseluruhan ia tetaplah pengingat yang baik.

Tanya:
Tipe Si apa cocok untuk psikologi?
 
Jawab:
Cocok untuk psikologi populer, seperti psikologi perkembangan, sedangkan psikologi industri dan klinis berada di urutan berikutnya.
 
Tanya:
Kedokteran cocok utk Ii, Ti, dan Si jika saya bukan ketiganya tapi berminat kedokteran bagaimana?
 
Jawab:
Ii memang seorang healer, Ti hebat dalam diagnosa, Si teliti dalam memeriksa dan ingatan terhadap obat sangat lengkap. Jika anda bukan ketiganya masih boleh terjun di kedokteran dengan cara: Se mesti rajin dan jangan ceroboh, Te jangan menggampangkan, Ie mesti disiplin, tipe F mesti bisa memimpin dirinya untuk fokus, dan yang In mau membalik cara belajarnya dari deduktif menjadi induktif.
 
Tanya:
Treatment konkrit seperti apa untuk mengoptimalkan kecerdasan?
 
Jawab:
Pertama dari semuanya adalah setelah mengetahui kecerdasan adalah menentukan PROFESI PILIHAN yang ‘gua banget’. Tindak lanjuti dengan ambil sekolah yang sesuai, jurusan yang sesuai, kursus yang sesuai, mencari coach yang sesuai, berinvestasi secara serius untuk menjalankan program yang terdisain selama 10 ribu jam, mencari habitat yang betul. Terakhir bertawakkal kepada Allah SWT.

No comments:

Post a Comment