Skip to main content

5 Jurusan Ideal Sesuai Mesin Kecerdasan

Tanya:
Tolong jelaskan tentang 5 jurusan ideal di sekolah berbasis STIFIn? Apa boleh lintas kecerdasan untuk jurusan tertentu? Bagaimana memulai mendirikan sekolah atau universitas yang berbasiskan STIFIn?
 
Jawab:
Simpelnya sekolah atau universitas STIFIn sebaiknya dibagi dalam 5 akademi, yaitu:

  1. Akademi Prestasi dengan indikator keberhasilan lulusannya menjadi JUARA.
  2. Akademi Pentas dengan indikator keberhasilan lulusannya punya TARIF.
  3. Akademi Aktivis dengan indikator keberhasilan lulusannya punya RATING sosial politik yang bagus.
  4. Akademi Bisnis dengan indikator keberhasilan lulusannya menghasilkan LABA.
  5. Akademi Profesi dengan indikator keberhasilan lulusannya memperoleh GAJI.
Kelima-limanya bisa mulai sekaligus, atau bisa juga bertahap.

 
Kriteria masuk akademi bukan berdasarkan mesin kecerdasan STIFIn tapi berdasarkan target keberhasilan sebagaimana indikator masing-masing akademi. Hal ini harus diijabkabulkan dengan orang tua dan anak yang bersangkutan. Dan tidak boleh berubah di tengah jalan.

 
Namun jika sudah masuk kepada penjurusan (program penggemblengan) harus sesuai dengan STIFIn nya, baik di kesesuaian peringkat pertama atau kesesuaian peringkat kedua. Contoh kesesuaian peringkat pertama: T bisa masuk akademi prestasi jika penjurusannya menjadi bintang pelajar. Tipe S bisa masuk akademi prestasi juga jika jenis prestasinya adalah olah raga. Contoh kesesuaian peringkat kedua: tipe T boleh juga menjadi atlit asalkan untuk jenis olah raga yang sesuai, misalnya kalau renang harus gaya dada, atau kalau bulu tangkis mesti fokus ke sektor tunggal.

 
Pendek kata semua tipe boleh mengajukan kemana saja, tetapi nanti master coach STIFIn yang akan mengarahkannya, menggunakan standar kesesuaian peringkat pertama dan kedua, serta pertimbangan-pertimbangan lain memanfaatkan kepakaran master coach.  

Master coach disini tidak harus FP, bisa orang lain yang penting sudah lulus workshop level IV. Jika arahan dari master coach STIFIn itu sudah disetujui orang tua dan anak yang bersangkutan, baru kemudian diijabkabulkan targetnya.

 
Penting untuk diketahui, standar STIFIn untuk sekolah atau universitas hanya boleh dijalankan jika memiliki kesesuaian dengan standar peringkat pertama dan kedua, sedangkan kesesuaian peringkat ketiga hanya bisa diterapkan bagi orang orang yang sudah terlanjur berada di profesi yang salah dan ingin tetap menekuninya (diantaranya karena tidak punya nyali untuk tobat profesi).

 
Pola sekolah atau universitas STIFIn setiap peserta didik digembleng dengan proporsi: 80% by coach + 20% by pengajar. Dan modul total harus mencapai 10 ribu jam efektif yang deliberate-practice. Suatu sekolah atau universitas boleh menggunakan nama STIFIn jika sudah mendapatkan lisensi dari STIFIn Pusat.

Comments

Top Artikel

Sensing introvert

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Sensing yang berarti merujuk kepada panca indera Anda, yang membuat Anda konkrit dan praktis. Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga membuat Anda suka berkelana, pandai meniru, dan hebat dalam berakting.

Sistem operasi otak berada di : Belahan limbik kiri dan lapisan Putih (dalam) Kecerdasan setara : Belahan MQ (Memory Quotient) Peranan : Player (Pemain) Kelebihan : Efficiency (Output per input) Target : Connection (Hubungan) Harapan : Yielding (Panen hasil kerja) Arah Merek : Merek pada skala volumenya Tabiat terhadap uang : Hemat Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Atletis yang besar Kekuatan Jasmani : Otot merah kasar Fungsi Tubuh : Tenaga kuat

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : Persistent, Detailed, Recorder, Dicipline, Careful, Spirited, Ecyclopedic, Workaholic, Timeful, Indifferent

Empat Kata Kunci: Mengingat, otot, rajin, tergerak

Cara Belajar: Merekam vocabulary, dibahasakan bervariasi, mem…

Intuiting introvert

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Intuiting yang berarti merujuk kepada indra keenam Anda,  yang sekaligus menjadi otak kreatif Anda. Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga Anda cenderungmenjadi trendsetter di lingkungan profesi Anda.

Sistem operasi otak berada di : Belahan Otak KananLapisan Putih (dalam) Kecerdasan setara : CQ (Creativity Quotient) Peranan : Initiator (Penggagas) Kelebihan : Invention (Penemuan) Target : Significance (Perubahan nyata) Harapan : Creating (Penciptaan) Arah Merek : Merek pada kualitas kerjanya Tabiat terhadap uang : Kepuasan Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Astenis yang tebal Kekuatan Jasmani : Otot putih kasar Fungsi Tubuh : Sprinter jarak menengah

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : learner, assertive, perfectionist, crafty, hard to please, proud, optimistic, deep, tenacious, selling valuable

Empat Kata Kunci: Mengarang, perut panjang, perubahan, murni

Cara Belajar: Memahami konsep dengan ilustra…

Instinct (Insting)

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Insting yang berarti merujuk kepada naluri sebagai indera ketujuh Anda, yang dilengkapi dengan kemampuan serba-bisa.  Kecerdasan tersebut dikemudikan secara otomatis sehingga membuat Anda responsif, mudah beradaptasi, dan banyak kawan.

Sistem operasi otak berada di : Belahan Otak TengahLapisan tidak ada Kecerdasan setara : AQ (Altruist Quotient) Peranan : Partner (Mitra) Kelebihan : 3  eye (Mata ketiga) Target : Growth (Pertumbuhan) Harapan : Contributing (Kontribusi) Arah Merek : Merek pada tingkat keberperanannya Tabiat terhadap uang : Penolong Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Stenis atau datar Kekuatan Jasmani : Adaptasi fisik Fungsi Tubuh : Serba-bisa

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : Balanced,compromising, peaceful, resourceful, simple, forgiving, occupied, flowing, smooth, intermediary

Empat Kata Kunci: Merangkai, reflek, berkorban, otomatis

Cara Belajar: Merangkai bacaan menjadi rangkuman dan mengurai kembali sampai t…