Skip to main content

Kajian Mendalam Tentang Personality Genetic

Tanya:
Tolong jabarkan lebih jauh tentang Tipe Si?
 
Jawab:
Si memiliki peranan sebagai Player (Pemain) yang selalu ingin berperan  sebagai pemeran langsung di atas panggung  (atau di lapangan) sebagai aktor/artis atau pelaku bisnis atau praktisi atau pekerja  pada  semua bidang. 

Tipe Si memiliki kelebihan cara mengelola aset secara efisien (output per input nya bagus). Artinya Si pandai berhemat. Setiap pengeluaran dihitung supaya benar-benar efisien. Pada setiap tambahan hasil pengeluaran diirit-diirit semaksimal mungkin.  

Target tipe Si memiliki koneksi (hubungan). Dengan keuletannya ia ingin memiliki hubungan yang relasinya banyak.  

Harapan orang Si adalah Yielding (Panen hasil kerja). Dari  setiap upaya yg dikeluarkan ia dapat memanen hasilnya.  Upaya itu berupa pengeluaran tenaganya ataupun pengeluaran uangnya. Dengan upaya itu ia memperoleh hasil konkrit yg siap dipetik atau dipanen. 

Arah Merek  tipe Si ada pada skala volumenya. Ia dikenal sbg orang yg hebat dalam bermain volume. Kehandalannya jika menggarap sesuatu pada skala besar. Contoh Tung Dasem Waringin hebat pada event-event massal meskipun harga tiket diobral murah.
 
Tanya:
Kalau tipe Se?

Jawab:
Se memiliki kelebihan dalam menciptakan atau mendapatkan momentum (kesempatan seketika). Hal tersebut disebabkan karena Se rajin bersilaturrahmi selain sebagai mencari peluang juga untuk mencari dukungan bagi dirinya (krn chargernya di luar).  

Pada saat-saat tertentu peluang atau tawaran datang untuk berbisnis dengannya.  Itulah yg disebut momentum, tinggal apakah ia akan ambil apa tidak peluang tersebut. 

Tipe Se memiliki target selalu mendapatkan Opportunity (Peluang). Di kepalanya ia selalu menargetkan dapat peluang terbaik dibanding orang lain.  Peluang itu harus datang dan memilih dirinya untuk menjalankan peluang itu. Untuk itu ia bersedia rajin melakukan kerja berkeringat  demi mendapatkan peluang tersebut. 

Pengharapan bagi orang Se adalah  Generating (Menghasilkan laba).  Dari semua kerja-kerja yang dilakukannya ia ingin mendapatkan keuntungan berupa laba konkrit
 
Tanya:
Orang Ti kan sudah ada minat belajar, tapi bagaimana untuk memelihara minatnya dalam jangka panjang?
 
Jawab:
Cara memelihara minat belajar bagitipe Ti adalah dengan diberi recognition dari orang yang dihormatinya. Ia termotivasi jika ada orang yang dihormatinya memberikan apresiasi atau penghargaan atau penilaian positif terhadap kinerjanya  maka ia akan belajar lebih serius. 

Recognisi berbeda dengan pujian. Contoh recognisi, “prestasimu skrg sudah setingkat lebih baik dari kemarin”.  Contoh lain, “sekarang kamu sdh bermain pada level yang terbaik”.  Dengan recognisi tersebut kelebihan tipe Ti yang selalu ingin efektif (output per standar nya tinggi) akan terus berupaya untuk menghasilkan sesuatu di atas standar/patokan.
 
Tanya:
Mengapa Te hebat dalam multiplying?
 
Jawab:
Memang kelebihan Te adalah pada Multiplying (Pelipatgandaan), hal ini disebabkan karena ia memiliki kemampuan untuk berpikir sistematis untuk melipatgandakan hasil.  Dari modal 1 bisa menghasilkan 5 (yg penting berlipatganda).
 
Tanya:
Apa maksud tabiat Ie terhadap uang adalah MAJU?
 
Jawab:
Orang Ie melihat uang sebagai sumberdaya untuk memajukan dirinya atau prestasinya. Ia tdk melihat uang sbg alat untuk bersenang-senang
 
Tanya:
Apa betul tipe Fi itu visioner dan bossy?
 
Jawab:
Betul, karena tipe Fi memiliki target dengan visi yang  berpandangan jauh ke depan.  Juga ia memiliki target pribadi yang juga jauh ke depan.  Contoh: ingin menghapus korupsi masyarakat.  Untuk mencapai visinya ia menggebu-gebu dan nekat.
 
Pada sisi yang lain orang Fi memiliki tabiat terhadap uang seperti juragan.  Ia senang menjadi juragan dalam mengelola uang.  Dengan uang yang dimilikinya diinvestasikan sehingga ia bisa mendapat kepuasan sebagai bos atau juragan.
 
Tanya:
Cara belajar bagi Fe seperti apa? Apa pengertian magnifying?
 
Jawab:
Cara belajar yang nyaman bagi tipe Fe adalah mendiskusikan dengan guru/teman sambil memperbanyak item yang direview ssecara verbal.  Orang Fe belajar melalui telinga, senang mendengar suara-suara yang sejuk dan bikin pintar. Oleh karenanya ia suka diajari oleh gurunya yang baik atau senang belajar bareng dengan teman-temannya.  Dalam proses belajar tersebut, pelajaran-pelajaran yang mudah direkam adalah yang datang dari penjelasan lisan.
 
Tipe Fe memiliki kelebihan dalam melakukan proses Magnifying (Pembesaran). Kehebatannya justru terletak pada kemampuannya menggembleng orang sehingga anak-gemblengannya yg tadinya “bukan siapa-siapa” dicetak menjadi  “orang hebat”

Comments

Top Artikel

Sensing introvert

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Sensing yang berarti merujuk kepada panca indera Anda, yang membuat Anda konkrit dan praktis. Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga membuat Anda suka berkelana, pandai meniru, dan hebat dalam berakting.

Sistem operasi otak berada di : Belahan limbik kiri dan lapisan Putih (dalam) Kecerdasan setara : Belahan MQ (Memory Quotient) Peranan : Player (Pemain) Kelebihan : Efficiency (Output per input) Target : Connection (Hubungan) Harapan : Yielding (Panen hasil kerja) Arah Merek : Merek pada skala volumenya Tabiat terhadap uang : Hemat Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Atletis yang besar Kekuatan Jasmani : Otot merah kasar Fungsi Tubuh : Tenaga kuat

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : Persistent, Detailed, Recorder, Dicipline, Careful, Spirited, Ecyclopedic, Workaholic, Timeful, Indifferent

Empat Kata Kunci: Mengingat, otot, rajin, tergerak

Cara Belajar: Merekam vocabulary, dibahasakan bervariasi, mem…

Intuiting introvert

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Intuiting yang berarti merujuk kepada indra keenam Anda,  yang sekaligus menjadi otak kreatif Anda. Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga Anda cenderungmenjadi trendsetter di lingkungan profesi Anda.

Sistem operasi otak berada di : Belahan Otak KananLapisan Putih (dalam) Kecerdasan setara : CQ (Creativity Quotient) Peranan : Initiator (Penggagas) Kelebihan : Invention (Penemuan) Target : Significance (Perubahan nyata) Harapan : Creating (Penciptaan) Arah Merek : Merek pada kualitas kerjanya Tabiat terhadap uang : Kepuasan Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Astenis yang tebal Kekuatan Jasmani : Otot putih kasar Fungsi Tubuh : Sprinter jarak menengah

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : learner, assertive, perfectionist, crafty, hard to please, proud, optimistic, deep, tenacious, selling valuable

Empat Kata Kunci: Mengarang, perut panjang, perubahan, murni

Cara Belajar: Memahami konsep dengan ilustra…

Instinct (Insting)

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Insting yang berarti merujuk kepada naluri sebagai indera ketujuh Anda, yang dilengkapi dengan kemampuan serba-bisa.  Kecerdasan tersebut dikemudikan secara otomatis sehingga membuat Anda responsif, mudah beradaptasi, dan banyak kawan.

Sistem operasi otak berada di : Belahan Otak TengahLapisan tidak ada Kecerdasan setara : AQ (Altruist Quotient) Peranan : Partner (Mitra) Kelebihan : 3  eye (Mata ketiga) Target : Growth (Pertumbuhan) Harapan : Contributing (Kontribusi) Arah Merek : Merek pada tingkat keberperanannya Tabiat terhadap uang : Penolong Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Stenis atau datar Kekuatan Jasmani : Adaptasi fisik Fungsi Tubuh : Serba-bisa

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : Balanced,compromising, peaceful, resourceful, simple, forgiving, occupied, flowing, smooth, intermediary

Empat Kata Kunci: Merangkai, reflek, berkorban, otomatis

Cara Belajar: Merangkai bacaan menjadi rangkuman dan mengurai kembali sampai t…