Sunday, May 22, 2016

Hal-hal Unik Seputar Intuiting, Feeling dan Insting

Tanya:
Maksud dari menginkubasi ciptaan pada Ii?
 
Jawab:
Menginkubasi ciptaan dimaksudkan merawat, menelateni, menumbuhkembangkan atau membesarkan ciptaannya supaya dari ide mentah, diolah menjadi setengah jadi, dan diolah lagi menjadi ciptaan yang sudah matang

 
Tanya:
Maksud dari mata ke-3 untuk orang Insting?
 
Jawab:
Maksud dari mata ke-3, sama dengan datangnya naluri tanpa proses berpikir atau disebut indera ketujuh, artinya dapat melihat sesuatu yang tidak dapat dilihat orang lain karena kecerdasan instingtifnya, tanpa melalui proses berpikir atau terjadi secara spontan
 
Tanya:
Bagaimana cara terbaik yang harus dilakukan agar anak dengan mesin kecerdasan Ie bisa jadi dokter?
 
Jawab:
Secara umum sebetulnya kurang cocok karena pada dasarnya pekerjaan dokter adalah mendiagnosa dan memberi resep obat yang sesuai dan pekerjaan itu lebih cocok untuk orang T dan Si (ilmu yang berpegang teguh pada prosedur dan pengalaman). 

Jika tetap ingin menjadi dokter, sebaiknya dari sekarang difokuskan belajar tentang ilmu kedokteran yg bersifat  preemtive dan preventive, bukan dokter kuratif. Atau bahkan belajar ilmu kedokteran yang diproyeksikan akan muncul pada masa yang akan datang.

 
Tanya:
Kemungkinan apa saja yang dapat membuat orang Fi cenderung serius, tidak banyak omong dan tertutup?
 
Jawab:
Ada 3 kemungkinan yaitu golongan darah, pengaruh lingkungan, dan faktor genetik orang tua. Secara mudahnya jika anak laki-laki lihatlah ibunya dan jika anak perempuan maka lihatlah bapaknya. 

Mungkin saja salah satu atau kedua orang tuanya menurunkan hardware T.
 
Tanya:
Mengapa anak Insting sering berganti sandal atau sepatu?

 
Jawab:
Kerap berganti sandal atau sepatu karena cepat rusak. Cara orang In berdiri, berjalan, dan berlari seperti ‘kurang berbudaya’. 

Mereka menumpukan seluruh berat badan ke alas kaki, pergantian gerakan pasangan kaki ketika berjalan dan berlari cenderung ‘malas diangkat’ sehingga melahirkan banyak gesekan horisontal (dengan pasangan kaki lainnya) dan vertikal (dengan tanah).

Tanya:
Sudah ada 2 orang tua yang bingung dengan anaknya yang sangat pemalu atau tidak PD, dan setelah dilakukan tes STIFIn ternyata hasilnya adalah In. Bagaimana memberikan solusi kepada ortu agar si anak bisa PD?
 
Jawab:
Jika pemalu dan kurang PD itu datang dari mesin kecerdasan itu bukanlah sebuah penyakit.Kepribadian yang cenderung pemalu dan kurang PD adalah Se dan In.
 
Pertama ortu jangan menganggap anaknya yang In bermasalah meskipun ia pemalu atau kurang PD.  Namun ortu tetap harus melakukan sesuatu, jangan dibiarkan berkembang secara alamiah. Harus melakukan treatment tertentu, supaya PD nya cepat hadir. 

Kriteria treatment yang baik untuknya, yaitu: 
  1. Bikin ia merasa berguna (kehadirannya menolong orang lain), atau
  2. Bikin ia merasa kepake (kepilih dalam berbagai aktivitas sekolah dan luar sekolah),  atau 
  3. Ikutkan ia ke berbagai aktivitas, hilangkan waktu bengong, atau yg terbaik. 
  4. Mulailah profesinya lebih dini seperti: chef cilik, entertainer cilik, atau aktivis cilik (spt PMR, pramuka, green peace, lembaga donor, dll).  Insyaallah ia kemudian akan merasa bangga dengan Insting-nya.

No comments:

Post a Comment