Skip to main content

Bagaimana Menyeimbangkan Otak Kiri - Otak Kanan?

Tanya:
Beberapa STIFIn’ers menanyakan tentang keseimbangan otak kiri-kanan. Bila ia otak kanan, muncul pertanyaan bagaimana untuk menyeimbangkan dengan otak kiri?
 
Jawab:
Struktur kepala pada setiap orang sudah yang terbaik.  Tinggal perlu diketahui mana yang paling aktif berperan (sebagai sistem operasi).  

Jika yang paling aktif berada di sebelah kiri, justru alokasikan investasi besar-besaran di sebelah kiri, biarkan yang sebelah kanan berkembang secara alamiah.  Artinya tidak perlu sampai mengeluarkan uang untuk mengkursuskan yang sebelah kanan. 

Tapi jika sekedar exercise olahraga menyeimbangkan belahan otak kan tidak mengeluarkan uang, atau program-program lainnya yang tdk mengeluarkan uang oke-oke saja dilakukan.
 
Penting untuk difahami bahwa kerja otak sangatlah terintegrasi.  Jika pada orang T, otak kirinya dilatih dengan baik maka hasil latihan otak kiri tersebut akan menjalar pengaruhnya ke seluruh belahan otak lainnya. 
Persentase menjalarnya jauh lebih tinggi jika orang T dilatih selain otak kirinya maka hasil latihan cenderung terbatas, baik pada otak yang dilatih ataupun pada jenis otak yang lain.  

Mengapa hal ini terjadi? Karena hanya sistem operasilah yg memiliki daya jalar yang lebih baik untuk mempengaruhi belahan otak lainnya. Keseimbangan otak pada peringkat tertentu akan terjadi dengan sendirinya jika sistem operasi yang diintensifkan. Peringkat keseimbangan tersebut hanya sebatas agar belahan otak lainnya dapat menyokong kerja sistem operasi, bukan sampai pada peringkat sama besar dengan sistem operasi.

Comments

Top Artikel

Sensing introvert

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Sensing yang berarti merujuk kepada panca indera Anda, yang membuat Anda konkrit dan praktis. Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga membuat Anda suka berkelana, pandai meniru, dan hebat dalam berakting.

Sistem operasi otak berada di : Belahan limbik kiri dan lapisan Putih (dalam) Kecerdasan setara : Belahan MQ (Memory Quotient) Peranan : Player (Pemain) Kelebihan : Efficiency (Output per input) Target : Connection (Hubungan) Harapan : Yielding (Panen hasil kerja) Arah Merek : Merek pada skala volumenya Tabiat terhadap uang : Hemat Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Atletis yang besar Kekuatan Jasmani : Otot merah kasar Fungsi Tubuh : Tenaga kuat

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : Persistent, Detailed, Recorder, Dicipline, Careful, Spirited, Ecyclopedic, Workaholic, Timeful, Indifferent

Empat Kata Kunci: Mengingat, otot, rajin, tergerak

Cara Belajar: Merekam vocabulary, dibahasakan bervariasi, mem…

Intuiting introvert

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Intuiting yang berarti merujuk kepada indra keenam Anda,  yang sekaligus menjadi otak kreatif Anda. Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga Anda cenderungmenjadi trendsetter di lingkungan profesi Anda.

Sistem operasi otak berada di : Belahan Otak KananLapisan Putih (dalam) Kecerdasan setara : CQ (Creativity Quotient) Peranan : Initiator (Penggagas) Kelebihan : Invention (Penemuan) Target : Significance (Perubahan nyata) Harapan : Creating (Penciptaan) Arah Merek : Merek pada kualitas kerjanya Tabiat terhadap uang : Kepuasan Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Astenis yang tebal Kekuatan Jasmani : Otot putih kasar Fungsi Tubuh : Sprinter jarak menengah

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : learner, assertive, perfectionist, crafty, hard to please, proud, optimistic, deep, tenacious, selling valuable

Empat Kata Kunci: Mengarang, perut panjang, perubahan, murni

Cara Belajar: Memahami konsep dengan ilustra…

Instinct (Insting)

Intisari tentang anda: Kecerdasan Anda Insting yang berarti merujuk kepada naluri sebagai indera ketujuh Anda, yang dilengkapi dengan kemampuan serba-bisa.  Kecerdasan tersebut dikemudikan secara otomatis sehingga membuat Anda responsif, mudah beradaptasi, dan banyak kawan.

Sistem operasi otak berada di : Belahan Otak TengahLapisan tidak ada Kecerdasan setara : AQ (Altruist Quotient) Peranan : Partner (Mitra) Kelebihan : 3  eye (Mata ketiga) Target : Growth (Pertumbuhan) Harapan : Contributing (Kontribusi) Arah Merek : Merek pada tingkat keberperanannya Tabiat terhadap uang : Penolong Konstitusi (Bentuk) Jasmani : Stenis atau datar Kekuatan Jasmani : Adaptasi fisik Fungsi Tubuh : Serba-bisa

Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik : Balanced,compromising, peaceful, resourceful, simple, forgiving, occupied, flowing, smooth, intermediary

Empat Kata Kunci: Merangkai, reflek, berkorban, otomatis

Cara Belajar: Merangkai bacaan menjadi rangkuman dan mengurai kembali sampai t…